Lovers, tak salah memang jika Swedia masuk ke dalam daftar negara-negara paling bahagia di dunia. Hmm.. Lovers apa sih yang diharapkan rakyat suatu negara selain mendapatkan kenyamanan, keamanan, ketentraman, dan kemakmuran. Nah, di Swedia ini,  semua elemen tersebut tercipta nyata, dan bukan sekedar wacana lho!! Rakyat Swedia pun amat percaya pada pemerintahannya. Hal ini tentu saja bukan tanpa sebab. Pemerintah Swedia memang telah berhasil menciptakan sebuah negara yang aman, tentram, damai,  dan makmur. Bahkan, Pemerintah Swedia termasuk dalam daftar pemerintah yang bebas korupsi. Nggak heran ya  jika rakyatnya menaruh kepercayaan pada pemerintahannya. 

Lovers, mengunjungi Swedia, pastinya nggak afdol dong jika tidak mengunjungi ibukotanya,  Stockholm. Sebagai ibukota, Stockholm menjadi salah satu pusat budaya, media, politik, serta pertumbuhan ekonomi. Kota ini terdiri dari 14 pulau yang terhubung melalui lebih dari 50 jembatan. Kawasan Stockholm juga menjadi rumah bagi 3 situs warisan dunia di Swedia. 

Kota Stockholm merupakan kota dengan landscap yang indah. Dengan banyaknya sungai dan kanal yang lengkap dengan kapal-kapalnya yang cantik, juga kehadiran taman-taman kota dan ruang terbuka, menjadikan kota ini begitu elok dan juga nyaman. Kemacetan parah pun dipastikan takkan dijumpai di sini. Tak heran jika siapa pun yang berkunjung ke kota ini akan merasa enggan untuk beranjak pergi. 

Masyarakat Swedia banyak menghabiskan  waktu dengan alam. Negara ini memiliki beberapa undang-undang dimana publik memiliki hak untuk berjalan, bersepeda, camping, dan menikmati semua tanah atau lahan secara bebas, aman dan nyaman. Warga dapat leluasa menikmati luasnya tempat, hijaunya alam, ruang publik, dan bercengkrama dengan alam dan sesama.

Selain alam yang indah,  bangunan-bangunan kuno juga masih kokoh berdiri dan begitu indah terawat seperti istana dan kastil-kastil. Salah satunya Istana Drottningholm. Istana Drottningholm masuk dalam daftar situs bersejarah UNESCO. Istana ini dibangun sejak abad ke-16 di Pulau Lovon, Stockholm. Di bangunan inilah  Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia tinggal. Keluarganya menempati bangunan di bagian selatan istana. Untuk mencapai Istana Drottningholm, wisatawan bisa menumpang perahu dari Stadshusbron, di sebelah utara Balai Kota Stockholm, menuju Drottningholm yang melintasi Danau Mälaren selama sekitar 60 menit. 

Ada banyak sudut bersejarah yang bisa didatangi, mulai dari Chinese Pavillion, Drottningholms Slottsteater (Drottningholms Theater) dan tamannya yang luas dan indah. Istana Drottningholm membuka gerbangnya setiap hari. Saat musim panas, akan digelar berbagai pertunjukan menarik di Drottningholms Slottsteater.

Selain istana,  ada juga museum,  seperti
Nordiska Museet, atau Nordic Museum. Bisa dibilang Nordiska Museet ini museum nasional. Nordiska Museet menyajikan berbagai pameran mengenai sejarah sosial dan kebudayaan Swedia, dari periode awal modern (sekitar tahun 1520) yang menampilkan informasi mengenai orang asli Swedia, Swedish folk art, tradisi perayaan, hingga periode kontemporer seperti perkembangan desain produk. Pameran-pameran tersebut dilengkapi dengan boneka manusia yang sangat realis, dan juga teknologi interaktif untuk menyampaikan informasi, seperti film dan audio guide. 

Nah,  bagaimana Anda tertarik  menjejakkan kaki di salah satu negeri paling bahagia di dunia ini? Anyway Lovers,  kemana pun travellingnya, akan  makin lengkap dengan membawa tumbler sendiri.  Membawa tumbler pribadi  merupakan salah satu cara untuk mengurangi sampah plastik. Membiasakan membawa tumbler sendiri saat beraktivitas di luar merupakan kebiasaan sehat. Tumbler kini makin populer keberadaannya di tengah masyarakat karena nilai kegunaannya. 

Aneka pilihan tumbler dengan desain menarik  dari Bianglala dapat dipilih untuk dijadikan souvenir berbagai acara, atau untuk promosi perusahaan/ institusi. Tumbler bukan sekedar souvenir, tapi juga bernilai guna, karenanya memilih tumbler sebagai souvenir menjadi salah satu pilihan bijak.

(pics courtesy of Wita Kustiana,  source: cnn, kompas,  detik, travellingyuk)



Ulasan