Lovers, mengunjungi suatu negara nun jauh di dekat Kutub Utara sana, yang tanahnya hampir sepanjang tahun diselimuti es hingga membuat negara ini menjadi salah satu tempat terdingin di dunia. Bagi sebagian orang mungkin menjejakkan kaki ke negara tersebut sekedar menjadi impian belaka. Tapi, impian pun amat mungkin terealisasi jika anda benar-benar ingin mewujudkannya. 

Yup, Lovers seperti sahabat Bianglala yang alhamdulillah beberapa waktu lalu berhasil mewujudkan mimpinya untuk menjejakkan kakinya di Islandia atau Iceland. Tak ketinggalan, tumbler dan Budoku by Bianglala pun turut menemaninya menjelajahi  salah satu negara yang dekat ke arah Kutub Utara itu. 

Islandia  berlokasi di Samudera Atlantik,  300 kilometer di sebelah timur Greenland dan 1.000 kilometer dari Norwegia. Islandia masih masuk dalam benua Eropa bagian utara. Ada di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik, yang terdiri dari Pulau Islandia dan beberapa pulau kecil disekitarnya. Sebagaimana namanya dalam bahasa Inggris, Iceland" yang berarti Tanah Es. Memang begitulah keadaan negara tersebut, sebagian besar tanahnya diselimuti es. Gunung-gunung es, gletser dan aurora merupakan pemandangan yang akan menjadi suguhan bagi para wisatawan atau traveller yang berkunjung ke sana.

Vatnajökull Glacier misalnya,  salah satu tempat yang dijajaki sahabat Bianglala saat berkunjung ke Islandia.  Inilah salah satu glacier terbesar di Eropa yang luasnya mencapai 8 persen dari luas Islandia dengan ketebalan rata-rata 400 meter.  Vatnajökull berasal dari dua kata yaitu vatna yang berarti air dan jökull yang berarti glacier. Terletak di Taman Nasional Vatnajökull di selatan Islandia.  Luas Vatnajökull kurang lebih 8,100 km persegi.

Sahabat Bianglala pun menjajaki Vatnajökull Ice Cave. Tempat ini merupakan gua es yang megah yang selalu menarik wisatawan dari seluruh dunia. Gua ini terbuat dari es gletser bertekanan dan memiliki pemandangan yang luar biasa. Vatnajökull Ice Cave berada di dalam Vatnajökull Glacier, Taman Nasional Vatnajökull.

Ada juga Jokulsarlon glacier lagoon yang juga penuh dengan gletser dan lembaran-lembaran es. Di tempat ini, pada moment winter, sebuah pemandangan menakjubkan akan memukau penglihatan, yakni penampakan aurora. Wow!!  

Lovers, tak cukup itu, jika anda pecinta laut dan pantai, atau bebatuan unik, anda wajib mengunjungi tempat Reynisfjara Black Sand Beach. Pemandangan yang indah akan memesona anda, dari pantai yang pasirnya berwarna hitam dan juga pilar basalnya. Formasi bebatuan di lautnya cukup unik dan menarik. Di sini hembusan anginnya cukup kencang dan ombaknya tak terduga, namun anda tetap dapat menikmati pemandangan sekitar yang mempesona dengan berjalan kaki di atas pasir hitam. 

Lovers, meski  Islandia identik dengan gunung-gunung es. Di bagian utaranya banyak gunung berapi yang masih aktif, lanskap bebatuan tandus dan sumber-sumber air panas yang mendidih. Islandia memang memiliki

panorama alam yang menakjubkan. Kontur alamnya yang indah dan juga letaknya yang dekat dengan kutub utara, menjadikannya objek wisata yang sangat unik dan tiada duanya.

 

(*Pics courtesy Henny Susanti. Source: dari berbagai sumber)



Ulasan