Lovers,  sahabat Bianglala belum lama ini mengunjungi Kota Dubai, Uni Emirat Arab. Dan, pastinya tak lupa ditemani tumbler cantik by. Bianglala. Sahabat setia yang mengobati rasa haus dan dehidrasi.  Anda yang belum tahu banyak tentang Dubai, yuk kita gali info kota ini, juga tentang salah satu icon Dubai, yakni Gedung Burj Khalifa.

Lovers, lokasi Dubai sangat strategis. Berada di tengah-tengah jalur penerbangan internasional yang menghubungkan kawasan barat dan timur dunia. Sejak dulu Dubai memang dikenal sebagai tempat transit wisatawan dari Asia menuju AS atau Eropa, begitu pun sebaliknya. 

Nah,  saat ini Dubai telah berbenah diri menjadi  kota pesisir yang futuristik. Dubai juga kini menyuguhkan banyak suguhan menarik untuk wisatawan. Hal ini menjadikan Dubai sangat cocok dijadikan lokasi wisata transit.

Salah satu objek wisata menarik di Dubai adalah Burj Khalifa yang merupakan salah satu gedung tertinggi di dunia. Gedung ini resmi dibuka pada 4 Januari 2010. Bangunannya terdiri dari 160 lantai. Tinggi gedung Burj Khalifa 828 meter (2.717 kaki), dilengkapi dengan 54 lift dengan kecepatan 60 kilometer per jam.

Burj  Khalifa bisa dikatakan dua kali lebih tinggi dari gedung Empire State di New York dan tiga kali lebih tinggi dari menara Eiffel di Paris. Desain bangunan secara keseluruhan mengadaptasi bentuk bunga Hymenocallis dari Yunani. Bangunan ini dirancang oleh perusahaan asal Korea Selatan, Samsung Engineering and Construction. Pembangunan Burj Khalifa menghabiskan biaya yang tak tanggung-tanggung, yakni sebesar 1,5 miliar dollar AS.

Bangunan ini awalnya dinamakan Burj Dubai, namun kemudian diganti menjadi Burj Khalifa untuk menghormati Sheik Khalifa bin Zayed al Nahyan, penguasa Abu Dhabi yang telah menyelamatkan Dubai dari kebangkrutan pada 2009 silam.

(Source: tribunnews. Photo : Wita Kustiana)



Ulasan