Lovers, jika Anda berkunjung ke Swedia, jangan heran jika menemukan  aneka barang bergambar kuda kayu berwarna merah.  Yup,  Lovers,  kuda kayu merah ini merupakan simbol Negara Swedia. Kuda kayu  ini bernama Dala Horse. Dala Horse pertama kali dibuat pada abad ke-16 di sebuah gubug kayu di tengah hutan, saat para laki-laki Swedia menghabiskan malam panjang musim dingin di depan perapian. Dengan menggunakan pisau, mereka membuat mainan kayu untuk oleh-oleh anaknya di rumah. Kuda menjadi pilihan karena saat itu kuda merupakan hewan yang paling dekat dengan para pekerja sekaligus paling berharga.

Bangsa Swedia yang juga merupakan  bangsa Viking ini memang memiliki kehidupan yang lekat dengan kuda.  Adapun kuda Dala yang menjadi simbol Swedia,  merupakan kuda yang berasal dari  wilayah Dalarna.  Awalnya bentuk kuda kayu Dala ini polos saja, tidak berwarna. Barulah pada tahun 1830-an, seniman Stika Erik Hansson menghias kuda-kuda kayu itu dengan dekorasi yang kini umum diaplikasikan pernak-pernik tradisional Swedia. Pola itulah yang hingga kini digunakan untuk menghias Dala Horse.

Warna merah adalah warna pertama dan paling umum digunakan untuk mengecat kuda kayu Dala. Namun kini, Dala Horse juga tampil dalam berbagai warna, hitam, putih, biru, dan merah.

Lovers, keindahan desain Dala Horse yang  teraplikasi dalam case laptop juga tersedia di Bianglala.  Case laptop dapat dipilih sebagai souvenir perusahaan atau pun kepentingan lainnya.  Laptop kini bisa dibilang sebagai barang elektronik yang hampir dimiliki setiap orang terutama para pekerja dan pelajar. Salah satu cara memelihara laptop agar tetap terjaga adalah membungkusnya dengan case laptop.  Case laptop akan membantu melindungi laptop agar tidak mudah terkena debu dan kotoran lainnya.  Selain itu case laptop juga membuat penampilan laptop tampak lebih cantik.  Case Laptop dapat juga dipesan dengan desain sesuai permintaan customer.

(pics courtesy of  Wita Kustiana, location: Stockholm, sumber: kompas)



Ulasan